Wednesday, June 4, 2014

Wisata Museum Kota Malang

Ada 3 museum yang sempat gw kunjungi selama berada di Kota Malang. yang pertama ada Museum Brawijaya yang terletak di Jalan Ijen. Kalau dari stasiun kereta api tinggal naik angkot ADL dan minta berhenti di museum ini. :)



Museum Brawijaya merupakan museum berisi sejarah Tentara Nasional Indonesia (dulu lebih dikenal dengan nama ABRI). Di halamannya terdapat tank tentara yang dapat dilihat dari dekat. Di dalam museum sendiri terdapat 2 ruangan. Sebelah kanan berisi sejarah Perang Kemerdekaan, terutama mengenai sepak terjang Jenderal Sudirman. Lalu di sebelah kiri pintu masuk merupakan ruangan yang menampilkan sejarah ketika sering terjadi pemberontakan internal di Indonesia sampai G30SPKI.

Pada halaman belakangnya terdapat gerbong maut yang terkenal berhantu. Dulu di dalam gerbong ini tentara Belanda memaksa memasukkan sekitar 100 orang tawanan perang Indonesia untuk dikirim dengan kereta api. Jangan dibayangkan kapasitas gerbong jaman sekarang ya, soalnya yang ada di sini sangat sangat tidak manusiawi untuk bisa dijejali 100 orang. +___+; Akibatnya hampir semua orang di dalam gerbong itu meninggal atau luka/sakit parah karena panas (gerbongnya kira-kira dari besi) dan kehabisan udara. Gw nggak dan nggak akan ambil foto disitu, tapi gw sungguh berharap mereka yang meninggal bisa mendapatkan kedamaian.


Museum selanjutnya adalah Museum Malang Tempoe Doeloe. Letaknya cukup dekat dengan stasiun kereta api, harusnya bisa jalan kaki dari situ. Museum ini juga sederet dengan Rumah Makan Inggil. Kalau hanya sekilas lewat, orang tidak akan sadar kalau tempat ini adalah museum karena dari luar agak seperti toko kecil entah apa yang dijual di dalamnya. Tapi bagian dalamnya ternyata cukup luas dan ditata dengan kreatif untuk memanfaatkan keterbatasan ruang secara maksimal.


Museum Malang Tempoe Doeloe mengisahkan perjalanan sejarah kota Malang mulai dari jaman Singosari hingga Perang Kemerdekaan. Meskipun kebanyakan koleksinya adalah replika, museum ini menarik karena pengaturan dan penyusunan barang-barang yang membuat pengunjung mengikuti alur yang sudah disediakan dari jaman ke jaman untuk mengetahui lebih dekat mengenai sejarah kota ini.


Lalu Museum Purwa, gw ngga terlalu perhatiin lokasinya tapi sepertinya dekat wilayah yang banyak kampus. Museum ini sungguh kecil sih, cuma ada 1 ruangan yang berisi koleksi batu-batu candi, terutama peninggalan kerajaan Singosari mengingat di kota ini terdapat beberapa candi peninggalan Singosari. Alangkah baiknya kalau museum ini lebih dikembangkan dan diperbaiki supaya perawatan koleksinya bisa lebih baik.



Gw ngga tau apakah ada museum lainnya di kota ini. Kalau ternyata ada, mohon diinfokan. ^^ Bila mampir ke kota Malang dan suka sejarah, silahkan mengunjungi museum-museum ini.~


No comments: