Friday, June 6, 2014

JaTim Park 2~

Mengunjungi kota Malang kurang lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi Kota Batu. Apalagi belakangan ini mereka lumayan terkenal karena keberadaan tempat-tempat wisata yang baru dan menarik, seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, Batu Night Spectacular, dan lain sebagainya. Gw dan Miki-Sensei hanya mengunjungi Jatim Park 2 karena dengar-dengar gosip dari sana-sini kalau Batu Secret Zoo adalah kebun binatang terbaik se Indonesia dan Museum Satwa nya juga bagus banget. Sementara Jatim Park satu lebih seperti wahana permainan ala Dufan dan BNS kemaleman buat kita yang hanya menggunakan angkot sebagai penunjang transportasi selama berada disini.

Gw sendiri ngga pengen ekspektasi ketinggian biar ngga kecewa jadi gw ngga berharap yang aneh-aneh sewaktu sampai di Jatim Park 2. Jadi apa saja yang gw temukan selama berada disana?

Well...
It actually a very very well-managed place.
Lupakan kebun binatang Surabaya atau Ragunan! This place rocks! \(*O*)/

Sewaktu tiba dan memasuki area JatimPark2, sekitar jam 10 siang, kupu-kupu berhamburan beterbangan kesana kemari seolah menyambut siapapun yang datang berkunjung. (Atau memang di Kota Batu banyak kupu-kupu dan gw sebagai orang kota terlalu norak buat liat pemandangan semacam itu? I dunno...) Harga tiketnya cukup bikin terkejut sih, 100ribu untuk Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Tapi karena kita kepo sama Eco Green Park, maka kita beli tiket yang 120ribu supaya bisa mengunjungi 3 tempat di Jatim Park 2.

4 buaya lucu penjaga museum

Tempat pertama yang kita masukin adalah Museum Satwa, soalnya Batu Secret Zoo lagi rame banget dengan orang yang meringsek masuk ketika kebun binatang itu dibuka. Memasuki gedung Museum Satwa, kita disambut kangguru pake kaos maen gitar lagi duduk-duduk sama buaya bertato di dalam sangkar ayam raksasa dengan replika bunga dan pohon serta berbagai burung yang seolah sedang berkicau. I really have no idea what's the concept for all this... o___o;

Don't ask me why...
Yah lobbynya emang agak surreal. Ya sudahlah, selera yang bikin... Gw sendiri baru ngeh setelah masuk lebih dalam bahwa Museum Satwa adalah museum yang memamerkan koleksi hewan-hewan yang berasal dari segala penjuru dunia dan diawetkan, kemudian ditata supaya menarik dilihat sesuai dengan habitat masing-masing. Ada juga dipamerkan fosil dan replika hewan purba. Koleksinya bener-bener buanyaaakkks, dan menurut gw edukatif banget.




Puas dengan Museum Satwa, kita pun melanjutkan ke Batu Secret Zoo. Hewan-hewannya masih hidup, finally! \(*O*)/ Hal yang sangat gw suka di Batu Secret Zoo adalah bagaimana pengunjung diatur untuk berjalan dalam 1 alur sehingga ngga nyasar. Koleksi hewannya ternyata banyak banget dan urutan munculnya disusun dengan baik sehingga bisa membangun ekspektasi pengunjung. Mulanya monyet kecil, binatang unyu, hewan-hewan herbivora yang lebih besar, beberapa unggas, ikan, reptil, tau-tau ada hewan-hewan Afrika, gajah, jerapah, singa. macan, sampai hewan liar favorit gw, beruang. :3


Yah gw ngga mungkin ceritain hewannya satu-satu jadi gw pajang saja beberapa foto untuk ngasih gambaran. Tapi kalo pengen tau banget mendingan datengin tempat ini langsung. ^^ Kondisi hewannya juga baik dan terawat. Ada beberapa tempat menurut gw wilayahnya agak kekecilan, tapi overall sih oke lah. Paling ngga Batu Secret Zoo ini set standard baru bagaimana seharusnya sebuah kebun binatang dimanage. Gw ngga heran lah kalo ada yang bilang ini kebun binatang terbaik se Indonesia.

Om nom nom nom~
Although gw sedikit mengkritik pembajakan karakter Disney dan Pixar yang nongol dalam bentuk patung replika di wilayah ini. Yah emang sih anak-anak seneng, tapi rasanya kurang etis aja.

Tenaga kita lumayan terkuras keliling-keliling Museum Satwa dan Batu Secret Zoo yang wilayahnya ternyata cukup luas. (Entah apa emang tempatnya gede ato pemanfaatan ruangnya yan bagus banget.) Masih ada 1 lagi yang akan dijelajagi yaitu Eco Green Park. Tadinya gw kira ini semacam taman rekreasi kayak di Ragunan yang ada bebek-bebekan di danau, buat orang jalan santai aja.

Ternyata gw salah. Eco Green Park adalah taman rekreasi berkonsep edukasi lingkungan hidup, dimana mereka mengajak pengunjungnya untuk keliling-keliling melihat berbagai macam hal terutama yang berhubungan dengan kesadaran menjaga lingkungan hidup. Ada peternakan kecil, kebun kecil, tempat membiakkan jamur, musical fountain, edukasi bencana alam, edukasi pengolahan barang bekas, dll. Gw rasa konsep utama Jatim Park 2 ini emang wisata edukasi deh.

Sayangnya gw ngga banyak ambil foto maupun memperhatikan mainan-mainan disini satu persatu gara-gara kehujanan waktu lagi keliling-keliling. Bawa payung sih untungnya, tapi hujannya lumayan besar jadi tetap saja kebasahan. Jadi klo penasaran, monggo di google saja~ :)

Yang cukup mencolok dari Eco Green Park ini adalah koleksi unggas mereka yang jauh lebih banyak daripada di Batu Secret Zoo. Mulai dari yang cuma bisa jalan, bisa terbang, bisa ngomong, bisa nyanyi-nyanyi, bisa berenang, sampe bisa berburu tikus malem-malem, semuanya ada disini. O_O

Owh, jingle Eco Green Park yang semi dangdut semi keroncong itu juga lumayan mencolok dan terdengar dimana-mana. Ayo belajar dan bermain di Eco Green Park~ :V

Gw sendiri tapi melihat perawatan Eco Green Park agak kurang dibanding Batu Secret Zoo. Mungkin karena kalah tenar juga dan mayoritas orang kesana untuk Batu Secret Zoo dan belum tentu membeli tiket terusan ke Eco Green Park. Ini taman yang kreatif banget sebenernya, jadinya sedikit berasa sayang kalo kualitas perawatannya beda sama Batu Secret Zoo.

Hal lain yang gw perhatikan adalah yang jualan di tempat ini bener-bener rapiiih. Nga ada yang namanya pedagang asongan teriak-teriak menjajakan jualan. Tempat jualan dan makannya juga ditata kira-kira orang butuh istirahat dimana aja. Toilet tersedia dengan baik dengan jarak yang memadai. Sewaktu mau keluar dari Batu Secret Zoo, ternyata ada tukang jualan jamu botolan yang ngasih tester jamu nya. Klo di Malang jamunya enak-enak jadi gw beli dengan senang hati temulawak dan beras kencur. Bagus buat pegel-pegel dan jaga kesehatan. ^^

Final words gw, Jatim Park 2 adalah tempat wisata yang cocok banget buat mereka yang suka wisata edukasi, terutama keluarga-keluarga. Anak-anak seneng dan dapet ilmu, orangtua juga terhibur dan bisa menikmati. Buat jalan-jalan bareng temen juga oke. Ato kayak gw dan Miki-Sensei yang sekedar kepo pengen tau aja tempatnya kayak gimana. Dan kita sama sekali ngga nyesel berkunjung kesini. ^^


1 comment:

Nancy said...

Trims utk sharing infonya.

Jadi kepingin lihat langsung ke TKP :)