Tuesday, June 3, 2014

Makan-makan di Kota Malang

Ada 3 tempat makan yang cukup berkesan selama gw berada di Kota Malang. Sebenarnya gw ngga cuma makan di 3 tempat ini sih selama berada disana, cuma ada beberapa tempat yang ngga bahkan ngga cari tahu namanya lagi saking udah capek dan lapar. ^^;


Yang pertama adalah Inggil, sebuah rumah makan tradisional Jawa dengan menu yang menurut gw unik-unik entah khas Malang atau khas Jawa Timur pada umumnya. Banyak masakan sayur yang menarik, tapi karena lidah gw dengan cabe tidak bisa saling mengerti dan menerima satu sama lain maka gw cuma bisa makan perkedel tempe, dan menurut gw perkedel tempe ini unik karena gw ngga pernah makan tempe yang dimasaknya kayak gini. ^^ Gw ngga tau sih di Jawa Timur atau Malang masakan ini disebutnya apa, tapi karena bentuk dan cara pengolahannya mirip perkedel, maka gw sebut saja demikian.~

Let's have a feast!!!
Rumah Makan Inggil memiliki desain dekor khas Jawa dengan sedikit aksen barang-barang antik jaman kolonial Belanda. Jadi suasana tempatnya unik dan tradisional. Ada panggung pertunjukannya juga, jadi mungkin suka ada acara atau pertunjukan pada hari-hari tertentu. Di bagian depan ada toko oleh-oleh yang mungkin bisa dikunjungi oleh mereka yang mencari oleh-oleh atau pernak-pernik unik di Kota Malang. :)


Yang kedua ini cukup tersohor dan konon menjadi tempat wajib untuk dikunjungi para pelancong, yaitu Toko Oen. Biasanya orang datang untuk membeli es krim dan sedikit camilan (atau oleh-oleh berupa makanan), tapi tempat ini juga menyajikan menu-menu main course yang khas Belanda-Indonesia yang cara masak maupun pelayanannya sepertinya tidak berubah sejak jaman dahulu. 

On Nom Nom Nom~
Karena gw dan Miki-Sensei sudah kelaperan waktu sampai disini, kami pun memesan menu main course, snack, dan salad. Semuanya enak-enak dan membuat kita sedikit bernostalgia bagaimana masakan-masakan jaman dulu yang kira-kira seperti yang sedang kami makan. Gaya bangunan Toko Oen juga sepertinya dipertahankan agar nuansa jadulnya tetap terjaga.

Sweet & Refreshing~
Terakhir, dikeluarkanlah es krim yang jadi menu andalan tempat ini. Es krimnya mengingatkan gw sama Ragusa di Jakarta. Tekstur es nya masih terasa dan cepat meleleh. :)

Terakhir, Ocean Garden. Although gw ngga sempet foto-foto disini. Letaknya di dekat Stasiun Malang Kota Baru, dekat juga sama Rumah Makan Inggil. Tempat ini sering jadi pilihan untuk makan-makan bersama keluarga atau ramai-ramai dengan teman. Gw sendiri makan disini karena ditraktir oleh Paman dan Bibi nya Miki-Sensei yang tinggal di Kota Malang. Om, Tante, terima kasih banyak untuk semua kebaikan kalian. \(^_^)/ 

Menunya makanan khas Jawa Timur yang cukup umum dan variatif, jadi banyak pilihan untuk banyak selera. Tempatnya juga luas, orang bisa pilih mau lesehan atau duduk di bangku. Favorit gw jamur tiram goreng tepung (di Jakarta terkenal sebagai Jamur Crispy) dan masakan sayurnya yang enak-enak. :d

Demikian sedikit review gw soal tempat-tempat makan di Malang. Harusnya sih masih ada tempat lainnya yang layak dicoba. Mungkin kalau gw ada kesempatan ke kota ini lagi gw akan cari-cari tempat lain yang unik-unik. ^^

No comments: