Wednesday, May 29, 2013

Writer & Illustrator Conference Day 2


Besoknya gw dibangunkan teman karena sarapan sudah siap. Kalau hari sebelumnya gw bangun sendiri bahkan sebelum alarm berbunyi, kali ini gw bangun dan bersiap dengan agak malas-malasan. Masih capek euy. ==;

Sampai di National Library Building, sesi pertama sudah jalan setengah jam. Pembicara sesinya Pak Yusuf Gajah, seorang ilustrator Malaysia yang sudah mendunia dan terkenal karena nyentriknya selalu menggambar gajah. Di hari sebelumnya gw minta kritikan beliau untuk ilustrasi cerita topeng kayu. Dibilangnya masih terasa mati dan kurang banyak latihan. Rasanya tertusuk tapi ngga bisa marah juga karena emang gw sangat kurang latihan dan lately juga berasa mati. Mungkin gw memang harus ditusuk sampai bener-bener mati dulu supaya bisa hidup lagi dan kembali menjadi anak-anak. Xd

Sesi-sesi hari ini lebih banyak yang saya ikuti dibanding sebelumnya. Pembicara maupun temanya banyak yang menarik. Gw bahkan dapet hadiah beberapa snack coklat karena berhasil menjawab pertanyaan salah satu pembicara. xd

Ada 1 sesi di luar tentang buku anak yang gw akhirnya putuskan ikutin dengan mengorbankan sesi tentang style pada ilustrasi buku anak, karena pembawa acaranya adalah translator yang banyak mentranslasi komik, novel, dan game Jepang. Diantaranya Final Fantasy 10, Final Fantasy 12, Phoenix Wright, dan Apollo Justice. Kapan lagi bisa ngomongin Phoenix Wright sama translatornya langsung \(*O*)/. 

Phoenix Wright dan Apollo Justice adalah game-game yang terasa banget effort translatornya dalam melakukan pekerjaannya secara maksimal dengan tetap mempertahankan kualitas humor yang ada sehingga versi bahasa Inggrisnya masih sangat enjoyable buat diikutin. Gw juga baru tahu kalau dia sampai harus mikirin sistem huruf bahasa Albhed di FFX dan mikirin logat-logat karakter di FFXII supaya translasi ke bahasa Inggrisnya rapih dan bisa diterima baik secara internasional.


Hari ini gw juga menyempatkan diri ke Brass Basah untuk mencari buku-buku anak yang murah dan akhirnya membeli "While We were Out" dan "Marguerite's Fountain", keduanya seharga sgd10. Tadinya gw juga mau beli buku-buku Beatrix Potter karena ilustrasinya yang menawan. Tapi seperti yang sebelumnya gw bilang, gw ngga boleh beli macem-macem supaya isi tas tidak terlalu berat dan masih bisa hemat uang. Soalnya gw masih mau beli cokelat di hari terakhir. Jadi gw putuskan 2 itu saja sebagai buku terakhir yang gw beli di Singapura kali ini.

Keseluruhan AFCC buat gw... Well, thank God it's not as bad as I think it will be. I'm not really having an exciting moment, but it all went quite well and very insightful too. I'm happy that I really enjoyed it. Oh, and I could get a lot of free foods too. Xd

Malam harinya gw pergi ke National Botanical Garden. Sampai disana udah jam 7an waktu singapura, langit sudah gelap, dan di dalam taman sudah cukup sepi meski masih ada orang. Ada yang joging, ada yang jalan-jalan bareng teman, ada yang sedang pacaran berduaan... Tamannya amat sangat besar dan gelap karena sudah malam. Ada sih lampu dimana-mana tapi tetap tidak maksimal penerangannya. Buat gw jalan-jalan sendirian kesini mungkin jadi kayak uji nyali apa gw kuat ngiterin dari ujung satu ke ujung lainnya, apa gw bakal nyasar, apa gw bakal dikagetin sama yang aneh-aneh ato ketemu orang aneh... Ngga nyampe setengah jarak akhirnya gw memutuskan untuk muter balik ke pintu awal masuk, tapi yah pake acara nyasar dulu. --;

Jam 9 malam gw sudah kembali ke penginapan, mandi, sempat ngobrol dikit dgn cewek bule yg ceritanya mau nekat ngiter dari Jakarta ampe Lombok pake kendaraan umum. Yah gw nyaranin langsung pake travel aja sih buat tempat-tempat yg susah pake angkutan umum, biar praktis dan aman. Sejenak gw juga pake internet hostel untuk mengikuti perkembangan kabar tanah air. Sampai jam 12 malem beberapa teman nginep gw di Green Kiwi masih blum balik-balik. Entah kali ini mereka jalan2 kemana, untung deh gw ngga ikutan, soalnya besok gw masih mau jalan-jalan ke Chinese dan Japanese Garden nya Singapura. =p


No comments: