Tuesday, May 28, 2013

Writer & Illustrator Conference Day 1


Setelah bangun, mandi, siap-siap, dan sarapan, gw bersama teman-teman Green Kiwi lain berangkat ke National Library Building. Biasanya gw fans berat mrt, tapi jalur dari penginapan ke tempat tujuan jauh lebih praktis bila menggunakan bus. Tema-tema seminar tahun ini tidak sebanyak event AFCC yang sebelumnya saya datangi. Untungnya jadi lebih mudah memilih mau ikutan yang mana. 



Yang diterima di Book Illustration Gallery juga lebih banyak sehingga kali ini gambarnya kecil-kecil dan hanya ditempel di board sebelum dipajang. Tapi event kali ini lebih bermodal. Ada makan siang, minuman, dan 2x snack untuk peserta. Stand yang jualan kali ini lebih banyak dan banyak sekali buku-buku yang menggoda. Tapi keterbatasan dompet dan bagasi membuat gw harus banyak menahan dan menjaga diri. --; Ada 2 buku yang akhirnya gw beli, Keduanya ditulis dan diilustrasikan oleh Jon Klassen. Yang 1 "I want My Hat Back" yang sangat terkenal, versi paperback, dan 1 lagi berjudul "This is not My Hat" versi hardcover.

 

Seminar folklore yang gw tunggu-tunggu ternyata kurang sesuai dengan ekspektasi. Pembawa acaranya hanya sekedar membaca teks sehingga agak membosankan. Seminar lainnya tapi menarik untuk diikuti. Naomi Kojima membuka wawasan akan ilustrasi buku-buku anak yang bagus yang belum saya lihat sebelumnya. Orangnya juga ramah banget waktu gw tanya-tanya. John McKenzie juga kembali menambah pengetahuan mengenai literatur anak dan aplikasinya dalam dunia pendidikan, kali ini melalui cerita Si Kancil. Gw juga ikutan melihat sesi kritik untuk ilustrasi. Beberapa teman mensubmit karya mereka untuk mendapatkan kritikan yang konstruktif dari para panelis. Konon tahun kemaren panelis-panelisnya lebih sadis daripada yang tahun ini. =p

Di sore hari kami kembali mendapat makan malam gratis karena ikutan acara Singtel Award. Beberapa teman ada yang masuk nominasi dari Indonesia sehingga kami bisa masuk sebagai pendukung. Sayang tidak ada delegasi indonesia yang memenangkan award tersebut. Tapi katanya bisa masuk nominasi saja sudah sangat menaikkan nilai prestise baik sebagai writer maupun yang ilustrator. Makanan kali ini juga enak-enak dan bahkan disediakan wine. Lumayan menolong untuk gw yang sedang batuk-batuk. ^^

Dari acara award, beberapa mau belanja di Mustafa Centre - Little India. Gw malas sebenarnya belanja di tempat yang kalau saya pernah lihat dari acara tv sepertinya crowded sekali. Tp karena penasaran tidak pernah ke area Little India, akhirnya saya ikutan. Kesannya... Mirip-mirip Ratu Plaza campur ITC tapi banyak banget barangnya, Carefour 3 lantai yang sangat crowded. Bukan favorit gw lah tempat belanja. Kelebihannya... Tempat ini buka 24jam, tp gw bukan tipe yg doyan belanja subuh-subuh. --;

Dari Mustafa Centre kami berjalan kaki dan sampai ke penginapan sekitar jam 12 malam. Habis mandi gw pun langsung terkapar dan tidur dengan nyenyak karena kecapekan. 


No comments: