Monday, July 2, 2007

Comic, Community, and Me

Ketika KondeFest (Festival Komik Satu Dekade) akhirnya usai di tanggal 1 Juli 2007, gw merasa aneh dan campur aduk. Pertama mungkin lega karena kegiatan bolak balik Ancol ini selesai (Well, rumah gw ke Ancol itu jaraknya lumayan. Gw bersyukur busway bisa mengantar gw sejauh itu dengan 3500 Rupiah. ^^;) tp entah kenapa dibanding perasaan lega gw lebih berasa sayang sekali semua ini berakhir. Ternyata 10 hari itu cepat. Gw sangat senang bertemu banyak orang yang sekomunitas dengan gw, dan semua kegiatan ini sangat memotivasi gw untuk terus serius di bidang ini. Thanks berat buat para panitia yang dah bikin acara ini dan memberi kesempatan ke gw untuk buka stand.

Informasi mengenai KondeFest lebih lanjut bisa dilihat di http://kondefest.org

Di hari terakhir gw inget Bang Beng bilang kira-kira begini, “Komunitas kita memang masih kecil dan minoritas banget, so ketika acara kayak begini ada lagi kita pasti bakal saling ketemu satu sama lain.” Ketika itu yang terlintas di kepala gw adalah ngga banyak yang ambil bidang ini kalau dibandingkan beragam jenis pekerjaan lain yg digeluti masyarakat Indonesia, dan gw ngga bener-bener memahami apa arti minoritas sampai keesokan harinya.

Hari ini gw memutuskan untuk jalan-jalan di PS bersama my Lil’ Bro sedikit refreshing. Tiba-tiba salah seorang teman SMP gw yang baru pulang dari sekolahnya di luar negri menelpon sebentar. Gw sempet bilang kalau belakangan gw sibuk pameran komik Indonesia. Dan kemudian tanggapan dia adalah, “Aduuh tanteee, dah umur segini masih baca komik aja...” dan ketika gw coba jelasin kalau ini pameran untuk para komikus Indonesia, “Komik Indo? Kayak Gatotkaca gitu? Eew...”

Terus terang gw kaget karena meski gw tau lifestyle kita rada berbeda gw ngga nyangka bakal keluar statement itu dari mulutnya ke gw yang memang berkubang di dunia ini. Tapi gw jadi mengerti seminoritas apa komunitas komik, dan gw sadar kalau pikiran seperti itu mungkin bukan temen gw aja yang punya. Banyak sekali orang yang memang masih memandang komik sekedar hiburan anak-anak, atau komik-komik bertema wayang dan budaya dianggap ketinggalan jaman.

Gw bersyukur masih bisa berhubungan dengan komunitas komik dan bertemu banyak orang yang seminat. Gw bersyukur masih bisa bersahabat dengan mereka yang juga serius untuk menggambar ataupun bikin komik. Tanpa mereka mungkin bermimpi untuk membuat komik sendiri pun ngga akan muncul dalam cita-cita gw.


Ps. Buat temen yang gw maksud, u still my dear friend. Mungkin buat u gw aneh dan kekanakan, tp gw berharap setidaknya u ngerti klo seperti inilah gw. ^^

No comments: