Wednesday, May 5, 2010

Singapore Day 1

Sesampainya di Singapura, gw langsung dibuat takjub dengan sistem transportasi mereka (terutama MRT nya). Cepat, mostly tepat waktu, ngga desek2an, dan geraknya cukup halus sehingga kadang orang ngga perlu pegangan apa-apa dan masih bisa berdiri tanpa terlalu goyang-goyang.

Transportasi di Singapura bikin orang ngga cape dan penat di jalan (nga usah bandingin ama Jakarta deh... --; ), sehingga setelah taro barang dan koper gw dah bisa ngacir kesana kemari dengan lumayan lancar.

Sodara gw ngajak makan siang dulu dan akhirnya kita makan nasi hainam bebek dan es teh tarik. Frase yang paling gw pelajari disini adalah ‘tie ping liang pei’, aka es teh 2 gelas. Lumayan membantu ntar klo gw beli minuman. xD Nasi hainam bebeknya juga enak. Nga pernah selama di Indo gw makan menu yang satu ini.

Abis makan gw ngacir sendirian dan menuju The Arts House. Kompleks di daerah ini hampir semuanya bangunan2 kuno gaya Eropa. Kayak wilayah kota tua Jakarta kali yaa. Tapi bedanya disini jauh lebih bersih dan terawat. ^^; Mampir ke The Arts House ternyata tiketnya belom bisa diambil hari ini. Harusnya sekalian besok pagi. Tapi yah minimal gw dah tau gimana caranya ke tempat ini.

Dari situ gw jalan-jalan sejenak menikmati bangunan2 keren, sampai akhirnya memutuskan untuk mengunjungi Asian Civilization Museum. Sebelumnya selama ini gw kira Museum Gajah dah lumayan keren. Tapi ACM di Singapur jauh lebih keren... +___+;;

Penataan lampu dan peletakan barang2nya ngga asal-asalan sehingga barang2 yang didisplay terlihat menarik. Selain itu ada banyak variasi display yang menarik, misalnya narik laci buat liat barang, mencet tombol buat liat display berupa gambar, pemutaran animasi pendek dengan infokus dengan penataan layar yang ngga biasa, multimedia yang bisa bikin interaksi pengunjung lebih menarik, bahkan sampe display mulmed untuk anak-anak, dan lain-lain. Koleksi benda-benda bersejarahnya juga lumayan lengkap dan mencakup se Asia~.Ngga nyesel gw menghabiskan $8 disini...

Setelah kelar ngiter2 di ACM, waktu di Singapur sudah jam 6 kurang 15an. Karena meski jam 6 di Singapur entah kenapa masih kayak jam 4-5an, gw akhirnya memutuskan untuk jalan-jalan ke Bras Basah Complex. Lido Book Shop dan banyak toko buku udah tutup jam 6an. Yang masih buka kebanyakan toko-toko untuk jasa printing. Tapi untungnya masih ada ArtFriend yang buka sampai jam 7.30PM. Gw belanja sedikit disana, since diitung2 barangnya lumayan lebih murah kalo dibandingin ama harga Indo. Tapi jangan diitung ama biaya transport ya... ^^;

Abis dari Bras Basah, kaki dah pegel nian, sehingga gw memutuskan untuk pulang ke tempat gw nginep (muah muah, makasih Ci Selly dan family ^___^). Disini gw baru menyadari kalau colokan di Singapur beda sama di Indo. Watt nya juga sepertinya beda. Gw bingung gimana caranya ngecharge batere buat kamera dan gimana kalo semua energi itu habis. HP Esia gw juga pulsa dah hampir abis. Sementara yang XL masalahnya baterenya yang rada jebol. Dan gw nga bawa charger hp satu pun karena gw nga tau HP2 ini masih bisa dipake sebenernya di Singapura. Huuhuuu....

Yah, pokoke tidur dulu deh. Besok mesti bangun pagi since di The Arts House acaranya pagi-pagi. =d