Friday, November 23, 2007

Everything is Illuminated

Gw menonton film ini ketika sedang didera kerjaan sambil ditemani hiburan televisi. Sekilas gw kira ini film drama surealis dengan tema berat, apalagi dengan pembukaan yang dibawakan oleh Elijah Wood dengan perannya sebagai Jonathan S. Foerner. Surealis memang, dan juga dengan tema yang berat, tapi ternyata tidak sesuram yang gw bayangkan sebelumnya. ^^; Terkadang terselip humor segar yang mengundang gelak tawa.

Musik-musiknya sekilas mengingatkan gw dengan The Godfather Trilogi. Mungkin memang khas musik Eropa Timur. Sinematografi dan dialognya yang sarat makna. Gw sangat terkesan pengambilan gambar daerah pinggir Ukraina dengan hamparan rumput hijau dan pegunungannya. Indahh bangettt. ^^

Film ini merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama. Mengisahkan perjalanan Jonathan, seorang Yahudi Amerika menuju Ukraina, demi mencari seorang wanita yang sudah menyelamatkan kakeknya dari kekejaman Nazi di Trachimbrod. Di Ukraina dia dipandu oleh Aleksandr “Alex” Perchov yang menjadi penerjemahnya, oleh kakek dari Alex (yang juga bernama Alex ^^;), dan oleh Sammy Davis Jr. Jr, seekor anjing keluarga tersebut yang selalu menemani mereka. Selama perjalanan tersebut Jonathan mengetahui banyak hal, mengenai Ukraina, mengenai penduduknya yang sering terheran-heran dengan karakter nyentrik Jonathan, mengenai Augustine yang dulu pernah dicintai oleh kakeknya, dan juga mengenai kisah kelam yang pernah terjadi di Trachimbrod.

Gw sangat merekomendasikan film ini untuk mereka yang menyukai nuansa surealis dan sejarah. Tapi buat yang ngga suka, mengikuti film ini bisa terasa membosankan dan berat. ^^;

Memorable Scene : Ketika Alex sampai ke sebuah rumah kecil dengan hamparan bunga matahari di sekelilingnya. ^^

No comments: