Saturday, September 13, 2008

Topeng Monyet


Hari ini ketika sedang menyusuri jalan Adhyaksa dari Cirendeu menuju Lebak Bulus, gw melihat ngga 1... ngga 2... tapi 6 pemain topeng monyet masing2 dengan gerobak dan monyetnya. Jumlahnya membuat gw berpikir apa ini Trend sebelum lebaran, atau topeng monyet lagi in lagi untuk mencari nafkah, atau gw dah terlalu lama ngga keluar rumah sampe ngga menyadari kemunculan mereka. Gw memang melihat 3-5 topeng monyet berjejer di jalan setiap kali gw ke Mayestik nganterin nyokap, tp gw ngga nyangka di Lebak Bulus mereka juga ada.

Di pinggir jalan mereka mempertontonkan sang monyet yang sudah didandani macam-macam, dengan alunan musik dangdut untuk menarik perhatian, sambil menunggu uang yang diberikan para pengguna jalan.

Topeng monyet di ingatan gw semasa kecil rasanya berbeda modus operandinya dengan yang sekarang. Dulu mereka berjalan2 di kompleks perumahan sambil menunggu orang yang memang memanggil mereka untuk mempertunjukkan jasa hiburannya, biasanya untuk hiburan anaknya dan juga anak-anak sekitar rumah. Monyetnya juga lebih beratraksi, terkadang bekerja sama dengan seekor anjing, atau kadang sang pawang juga memiliki box berisi ular yang juga menjadi bagian dari pertunjukan. Alunan musiknya juga lebih tradisional, seingat gw pake gendang. Lebih seperti seniman hiburan daripada sekedar memperlihatkan monyet dan menunggu uang datang.

Yah, tapi meski pembawaannya sudah bergeser, keberadaan mereka membuat gw jadi bernostalgia masa kecil ketika keluarga gw atau tetangga dulu suka memangil topeng monyet dan menghibur semua orang. ^^

No comments: